Your Ad Here

Friday, January 30, 2009

Rhinitis alergi / flu

        Rinitis alergi merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan karena adanya reaksi hipersensitivitas tipe I (gell&coombs)/ reaksi alergi tipe I di mukosa hidung. Pada umumnya rhinitis alergi dibedakan berdasarkan saat timbulnya yaitu rhinitis musiman dan rhinitis sepanjang tahun.

        Kedua tipe rhinitis ini memiliki gejala yang hampir sama, hanya berbeda saat timbulnya. Penyakit ini dapat timbul pada semua umur baik dewasa maupun anak-anak akan tetapi akan semakin berkurang dengan bertambahnya usia. Factor yang sangat mempengaruhi timbulnya flu karena alergi ini adalah keturunan. Bila orang tua memiliki riwayat penyakit alergi maka kemungkinan besar anaknya akan mewarisi penyakit tersebut. Sedangkan factor jenis kelamin, suku dan ras tidak berpengaruh.

        Penyebab kambuhnya penyakit ini terutama adanya allergen inhalan yang terhirup melalui udara pernafasan dan diperberat oleh factor lain seperti asap, bau yang merangsang, perubahan cuaca dan kelembaban udara yang tinggi.
Munculnya rhinitis biasanya diawali dengan bersin berulang lebih dari lima kali disertai keluar cairan yang encer dari hidung. Kemudian hidung tersa tersumbat, mata sering terasa gatal dan sering keluar airmata secara spontan serta tidak disertai demam. Selain flu pada sebagian besar pasien disering dijumpai bersamaan dengan penyakit asma, gatal-gatal atau eksim. Penanganan rninitis yang kurang tepat dapat menyebabkan timbulnya polip hidung. Radang telinga tengah dan sinusitis.

        Untuk mendukung dianosa rninitis alergi dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium berupa pemeriksaan darah tepid an sitologi hidung. Hasil pemeriksaan biasanya ditemukan jumlah eosinofil dan IgE yang meningkat atau normal. Disamping itu dapat pula dilakukan tes alergi (prick test), uji provokasi hidung dan uji gores untuk mengetahui jenis alegen yang menyebabkan rhinitis alergi.

        Pengobatan paling baik untuk rhinitis alergi adalah dengan berusaha sedapat mungkin menghindari kontak dengan allergen pencetus rhinitis.

No comments:

Post a Comment

728x90-121doc - AllProducts - English.gif