Your Ad Here

Wednesday, March 4, 2009

Olah Raga Jalan Menuju Sehat

Dengan berolah raga tingkat kebugaran dan kesehatan kita akan tetap terjag dengan baik.Meluangkan waktu sedikit untuk menggerakkan badan berolah raga akan menjaga tubuh kita tetap kuat, stamina tetap prima dan mudah melakukan berbagai kegiatan. Dengan demikian tidak akan timbul nyeri sendi atau otot sehabis bekeja seharian dengan berbagai aktivitis yang menyita waktu dan tenaga.

Akan tetapi tidak semua orang menyadari dan memahami pentingnya manfaat berolah raga secara teratur. Ada banyak alasan yang sering dilontarkan sehingga meluangkan waktu untuk berolahraga menjadi begitu berat, diantaranya :

a. saya terlalu sibuk.
Jika anda termasuk orang yang sangat sibuk, coba anda ingat kembali apakah anda mempunyai waktu luang untuk membaca surat kabar, majalah atau pergi ke tempat makanan favorit anda. Bila ada, maka anda bisa menggunakan waktu itu untuk berolah raga. Anda hanya perlu meluangkan waktu 20-60 menit dalam sekali latihan sebanyak 3-5 kali dalam seminggu maka anda akan merasakan manfaatnya.

b. berolahraga itu sangat berat sehingga saya tidak mungkin melakukannya secara
rutin.
Bila anda beralasan olah raga terlalu berat, maka pilil salah satu jenis olahraga yang mudah anda lakukan dan membuat anda senang. Salah satu latihan yang mudah dan murah adalah jalan santai. Lakukan dengan teratur sehingga anda akan merasakan peningkatan kebugaran anda.

c. saya tidak membutuhkan olahraga.saya hanya perlu rileks.
Olah raga merupakan salah satu sarana untuk rileks yang terbaik. Dengan olah raga stress karena bekerja seharian akan berkurang dan membantu kita untuk tidur dengan baik.

d. saya bukan tipe olahragawan
untuk memperoleh manfaat dari berolah raga anda tidak perlu menjadi seorang pemain yang terlatih. Banyak sekali jenis olahraga yang dapat kita pilih dan tidak memerlukan latihan khusus. Coba lah satu jenis olah raga dan nikmati efeknya. Anda akan merasakan keuntungannya dan menyesal mengapa tidak memulai berolahraga dari dulu.

e. saya sudah terlalu tua.
Berolah raga tidak mengenal usia. Hanya perlu disesuaikan jenis olahraga yang kita lakukan dengan usia dan kemampuan kita. Hanya dengan jalan santai secara rutin saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan kita di usia senja.

f. saya tidak dapat berolahraga sendirian
libatkan keluarga dan teman untuk olahraga bersama bila hal itu dapat meningkatkan motivasi anda dalam berolahraga atau anda dapat mengikuti olahraga yang diselenggarakan oleh komunitas seperti klub jantung sehat, senam masal dan kegiatan olahraga rutin lainnya. Selain itu anda dapat pula bergabung di fitness center yang sudah semakin mudah dijumpai.

Dengan melakukan olah raga yang rutin ada beberapa manfaat yang anda peroleh yaitu :

a. jantung dan paru-paru akan tetap kuat dan bekerja dengan efisien saat memompa darah keseluruh tubuh sehingga menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.
b. Dapat meningkatkan kadar HDL kolesterol yang berfungsi mencegah timbulnya serangan jantung.
c. Membantu mengontrol tekanan darah sehingga menurunkan resiko terkena penyakit darah tinggi dan kencing manis.bagi anda yang sudah menderita penyakit tersebut, dengan berolahraga akan membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan kadar gula darah.
d. Olah raga yang teratur akan membakar lemak dan membantu memperoleh bentuk tubuh yang ideal sehingga penampilan anda akan tetap terjaga. Selain itu dapat menurukan resiko terkena penyakit-penyakit yang berkaitan dengan metabolic syndrome.
e. Kekuatan otot-otot akan tetap terjaga dan pensendi tetap flexible. Dengan demikian anda tidak akan menderita nyeri sendi dan sakit pinggang serta pegal linu.
f. Dengan berolah raga anda akan tetap prima dan mampu mengatasi stress sehingga kehidupan anda akan semakin baik dan tidak mengalami gangguan tidur.
g. Melalui olah raga yang rutin, tulang-tulang anda akan tetap kuat sampai lanjut usia sehingga kemungkinan menderita osteoporosis dan patah tulang karena osteoporosis semakin berkurang.
h. System pencernaan anda tidak akan terganggu
i. Membantu memperlambat proses penuaan. Anda akan tetap fit, aktif dan mampu melakukan kegiatan rutin dengan baik.
j. Dengan olah raga bersama keluarga akan membantu memperbaiki komunikasi antara sesama angota keluarga dan mengurangi stress dalam keluarga.
k. Berolah raga dapat mempererat talisilaturahmi antar teman dan memperbanyak kenalan.
l. Melalui latihan olahraga yang rutin dan terprogram akan mengurangi kebiasaan buruk kita berkaitan dengan merokok, minum-minuman beralkohol, atau kegiatan lain yang tidak bermanfaat bahkan dapat menurunkan tingkat kesehatan kita hingga usia lanjut.


No comments:

Post a Comment

728x90-121doc - AllProducts - English.gif