Your Ad Here

Thursday, January 15, 2009

Demam Tifus



Demam tifus merupakan salah satu penyakit infeksi yang sering di derita masyarakat Indonesia. Demam ini tidak mengenal usia. Baik anak- anak maupun orang dewasa dapat terkena penyakit demam tifus. 

Penyakit ini adalah penyakit infeksi akut pada usus halus yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhii.Di Indonesia demam tifoid termasuk penyakit endemic. Penyakit ini bersifat sporadism terpencar-pencar di suatu daerah sehingga jarang terjadi dalam satu rumah terdapat lebih dari satu orang yang terkena penyakit tersebut. Selain itu penyakit ini tidak mengenal musim karena itu hampir sepanjang tahun dapat ditemukan, terutama di daerah endemic.
Penularan penyakit demam tifus ini melalui dua cara yaitu tertular dari pasien yang menderita demam atau terjadi kekambuhan pada penderita karier.

Kuman salmonella yang masuk kedalam usus halus melalui makana atau air yang tercemar kuman tersebut sebagian dimusnahkan oleh asam lambung dan sebagian akan bersarang di usus halus. Setelah masa inkubasi akan timbul demam karena kuman salmonella mengeluarkan endotoxin yang merusak jaringan tubuh.

Umumnya gejala yang timbul bervariasi untuk setiap orang. Pada minggu pertama muncul gejala demam, sakit kepala, pusing dan nyeri oto-otot atau pegal linu. Selain itu dapat pula muncul mual, muntah , mencret dan rasa tidak enak di perut ( kembung) serta dapat pula timbul batuk.

Selanjutnya pada minggu kedua demam akan semakin tinggi, lidah terlihat kotor bila tidak segera diobati dapat menyerang otak sehingga terjadi gangguan kesadaran sampai koma.
Untuk memastikan penyakit ini dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan Widal tersebut untuk mengetahui kadar titer antibodi O dan H apakah lebih tinggi dari normal.bila kadar titer antibody O > 320 dan H > 640 dapat dikatakan pasien menderita penyakit demam tifoid. Angka kematian karena penyakit ini pada anak-anak 2,6% dan pada orang dewasa 7,4 %.

Upaya pencegahan agar tidak terkena penyakit ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.dengan memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi. 



No comments:

Post a Comment

728x90-121doc - AllProducts - English.gif