Your Ad Here

Sunday, February 15, 2009

Menanggulangi Ganguan Psikologi dalam Penerbangan

PENGERTIAN GANGGUAN PSI

-Ketika seseorang dlm kondisi yg tidak nyaman dlm melaksanakan setiap aktivitas sehari-hari.
-Prilaku yg muncul ; gelisah, mudah marah, kurang konsentrasi, muncul rasa takut, susah tidur, sulit mengontrol emosi, kurang peka terhdp orang lain dsb.
-Macam Gangguan Psi ; Kecemasan,Stress, Depresi, Perubahan Kepribadian/ Split personality, Skizofrenia

SEBAB-SEBAB
PROBLEM KLINIS PENERBANG

-Stresor Lingkungan
G-forces, vibrasi, bising (noise), temperatur & kelembaban, tekanan kabin, dsb.

-Stresor Ergonomik
Personnel equipment data, desain cockpit (kursi, ruang pandang terbatas, iluminasi, peralatan avionik, layout instrumen, dsb).

-Stresor Misi
Stresor yg dihasilkan dr waktu dan jarak terbang (fatigue, gangguan tidur, makan, dsb).

-Stresor Psikologis (Mental Workload)
1. Stres Pekerjaan
Faktor2 yg menekan fungsi2 preformance mental
(vigilance/konsentrasi, inteligensi, fungsi motorik)
yg mempengaruhi handling dan tindakan.

2. Stres Emosional
Pengalaman kecelakaan, fear of failure, fear of flying,
dsb.


TIPS MENGATASI GANGGUAN PSI
a. ANTISIPASI
Mengantisipasi dgn menyiapkan kegiatan positif, misalnya dgn membaca, bertanya dan membicarakan bersama rekan sekerja & keluarga.

b. BERSIKAP REALISTIK & JUJUR
Menyelaraskan antara ambisi dan kemampuan. Menghindari prasangka dan iri hati.

c. TETAP AKTIF
Jangan melamun, tetap aktif dengan membaca dan berolahraga berarti menjaga kemampuan otak dan metabolisme tubuh.

d. REKREASI & MENCARI KEGIATAN BARU
Mengurangi rasa jenuh dan menemukan suasana baru yang menyenangkan. Berusaha meninggalkan sejenak kegiatan rutin dengan kegiatan baru seperti olah raga, rekreasi, atau menyalurkan hobi.

e. BERSIKAP TAKTIS
Berusaha mengatasi masalah jangka pendek. Berusaha relaks agar dapat berfikir jernih.

f. JAGA KESEHATAN FISIK & MENTAL
Menjaga kebugaran dan menjaga asupan (makanan) yang bergizi dan tidak berlebihan.

g. TIDAK RAGU MINTA DUKUNGAN
Saat pikiran buntu tidak malu untuk bertanya, meminta dukungan ataupun bertukar pikiran.

h. SELESAIKAN MASALAH SECARA RASIONAL
Berfikir secara objektif, hindari penyelesaian masalah dengan cara-cara irasional. Bila perlu konsultasikan dengan ahlinya.

i. DEKATKAN DIRI KEPADA TUHAN
Tindakan ini akan menjadikan mekanisme kontrol yg baik setiap menghadapi masalah.

1 comment:

  1. saya sangat tidak nyaman sekali berada disuatu lingkungan dan selalu mempunyai pandangan negatif terhadap orang- orang disekitar saya, dulu saya mudah bergaul.. sekarang saya seperti mengasingkan diri. saya sering sekali bengong dan melemun hal yang tidak jelas apa yang saya lamunkan pada saat diskusi ataupun berbicara, dan fikiran saya suka ngebleng.. sekarangpun dada saya begitu sesak terhimpit oleh hal2 yang buruk ini sehingga kestabilan hidup saya kurang baik dan produktivitas saya menurun. daya sudah ceritakan ini pada keluarga ttpi keluarga acuh begitu saja merasa itu semua hanya perasaan saya saja.. mohon dijawab bagaimana saya harus mengatasi situasi ini? terimakasih. wulan

    ReplyDelete

728x90-121doc - AllProducts - English.gif